PROFESSOR AZYUMARDI AZRA SCHOLARSHIP

Program Magister Sejarah dan Kebudayaan Islam Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta bekerjasama dengan Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta membuat satu inisiasi untuk mengabadikan nama Azyumardi Azra sebagai sebuah nama beasiswa. Diberi nama Professor Azyumardi Azra Scholarship, inisiasi ini punya cita-cita untuk melahirkan calon-calon sejarawan penerus riset Azyumardi Azra, dan memberi ghirrah bagi kajian Sejarah Islam.

Para mahasiswa yang saat ini sedang menempuh jenjang studi magister di kajian sejarah Islam  punya kesempatan untuk mendaftar beasiswa ini, terutama mereka yang melakukan studi sejarah Islam non-konvensional  dan kajian  filantropi Islam. Harapannya, beasiswa ini akan melahirkan studi-studi yang inovatif dalam membuka temuan-temuan  baru di bidang tersebut.

TEMA PENELITIAN:

Professor Azyumardi Azra Scholarship bertujuan untuk memajukan Studi Sejarah dan Filantropi Islam dalam menghadapi tantangan zaman yang selalu berubah. Aplikasi dan proposal riset mahasiswa akan diseleksi berdasarkan preferensi yang dapat memberikan terobosan dan kebaruan dalam pemajuan Studi Sejarah Islam Indonesia.

Proposal tesis (riset) mahasiswa yang terkait dengan sejarah pada bidang-bidang di bawah ini, meski tidak terbatas pada:

▪ Filantropi Islam

▪ Islam dan Gerakan Sosial

▪ Kehidupan Keseharian Masyarakat Muslim

▪ Pendidikan Islam

▪ Lokalitas dan Kearifan Lokal

▪ Ulama Lokal

KETENTUAN UMUM:

▪ Diperuntukkan bagi mahasiswa Program Studi Magister Sejarah atau mahasiswa magister di program studi lain (konsentrasi Sejarah). Diprioritaskan bagi mahasiswa yang tengah menyelesaikan studi akhir penulisan tesis.

▪ Peserta mengisi data diri secara online

▪ Aplikasi Proposal diterima paling lambat tanggal 22 Agustus 2020.

▪ Penerima akan diseleksi dan diumumkan pada tanggal 03 September 2020.

PERSYARATAN ADMINISTRATIF:

▪ Sedang melakukan penelitian untuk penulisan tesis (Magister).

▪ Mengisi biodata dan mengirimkan proposal penelitian secara online melalui tautan berikut: bit.do/pendaftaranPAAS.

▪ Memiliki IP minimum 3.25

▪ Menyertakan surat rekomendasi Direktur Pascasarjana/Ketua Prodi MSKI atau pembimbing Tesis/Disertasi.

▪ Menyertakan Surat Aktif Mahasiswa

▪ Proposal yang masuk menjadi milik tim panitia dan tidak dikembalikan.

PENDANAAN

Pendanaan utama untuk beasiswa ini diperoleh dari skema penggalangan dana (fundraising) yang dikelola dengan semangat kedermawanan dan kesukarelawanan. Professor Azyumardi Azra bahkan menjadi patron dan turut memberikan sumbangsih dalam keberlangsungan beasiswa ini. (Klik untuk memberikan dukunganmu)

Selain itu, dukungan juga datang dari para professor dan akademisi yang menjadi kolega, maupun murid-murid Prof. Azyumardi Azra, CBE yang memiliki konsen untuk penguatan kajian sejarah Islam. Lembaga donor maupun kalangan umum bahkan bisa berkontribusi untuk memperkuat beasiswa ini agar bisa berkelanjutan dan memiliki manfaat yang semakin luas.

Penggalangan dana dilakukan secara langsung maupun dalam jaringan dengan memanfaatkan kanal informasi, terutama website, Instagram dan Facebook, milik STF UIN Jakarta.

*Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

socialtrustfund@uinjkt.ac.id,

endi.garadian@uinjkt.ac.id.