RDK- Revisi Kurikulum Prodi Magister Sejarah dan Kebudayaan Islam Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta

Telah dilaksanakan Rapat Revisi Kurikulum Prodi Magister Sejarah dan Kebudayaan Islam Fakultas Adab dan Humaniora UIN. Hal ini dilakukan sebagai evaluasi terhadap kurikulum sebelumnya, agar mutu pendidikan sesuai dan mampu menjawab tantangan zaman.

Rapat dipimpin oleh Ketua Program Studi Magister Sejarah dan Kebudayaan Islam (MSKI) Prof. Amelia Fauzia, Ph.D dengan pemaparan visi-misi dan reposisi prodi sejarah dalam konteks reformasi UIN sebagai research university dengan distingsi integrasi keilmuan, keislaman, dan keindonesiaan. Tentunya ini sebagai upaya untuk menjawab tantangan perubahan konteks keislaman Indonesia dan tantangan sejarah dalam kurun 4 tahun terakhir.

Magister Sejarah dan Kebudayaan Islam Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta adalah program studi strata 2 (S2) ditempuh selama dua tahun full time, terdiri dari 4 semester dengan 43 SKS (courses & thesis) bertujuan untuk membangun keahlian sejarah Islam, dengan fokus keilmuan, keislaman, dan keindonesiaan.

Program ini berbasis pada studi sejarah, baik masa lampau maupun kontemporer, menggunakan perspektif sejarah dan kekuatan lokalitas dan budaya untuk melihat kompleksitas fenomena sosial.
Demi mencetak lulusan yang profesional dibidangnya, program MSKI menerapkan matakuliah yang memadukan reading & research seminars, penguasaan pendekatan ilmu sejarah dan sumber-sumber lokal juga menjadi aspek penting untuk menganalisa dan merekonstruksi narasi sejarah dan fenomena kekinian.
Sehingga nantinya lulusan MSKI dapat berpikir, bersikap, dan berperilaku dengan tingkat kesadaran sejarah yang tinggi dalam konteks keilmuan, keislaman, dan keindonesiaan.