Pendaftaran Mahasiswa Baru

SYARAT DAN JADWAL PENDAFTARAN PROGRAM STUDI MAGISTER SKI

Syarat Pendaftaran:

  1. Berijazah Sarjana dalam salah satu cabang ilmu pengetahuan, dari: a/ perguruan tinggi negeri, b/ perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi di luar negeri yang telah diakreditasi dan diakui oleh Kemendiknas RI.
  2. Memiliki score TOEFL minimal 475 dan score TOAFL minimal 400
  3. Memiliki lndeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75.
  4. Melakukan pendaftaran online melalui https://admisi.uinjkt.ac.id/
  5. Mengirimkan proposal rencana tesis di bidang sejarah ke email: magister.ski.fah@uinjkt.ac.id atau membawa proposal tersebut ketika ujian masuk.

Informasi ujian masuk lebih detail bisa kontak Sekretaris Program Studi Bapak Mukmin Suprayogi, M.Si. via msyogi@uinjkt.ac.id atau telp/WA 0812-9166-6862.

Prosedur Pendaftaran Program Studi Magister Sejarah dan Kebudayaan Islam

  1. Masuk ke laman https://admisi.uinjkt.ac.id/
  2. Mengklik tombol “Generate Kode Bayar”
  3. Mengisi borang “Generate Kode Bayar”
  4. Mencetak kode bayar beserta ID dan PIN. Masa berlaku 12 jam terhitung sejak generate dilakukan.
  5. Kode bayar digunakan untuk melakukan pembayaran di Bank yang ditunjuk yaitu Bank Mandiri, BNI, BTN, dan BRI. Sedangkan ID dan PIN digunakan untuk login ke dalam website SPMB UIN Jakarta setelah melakukan pembayaran.
  6. Pembayaran yang sudah disetor ke bank tidak dapat ditarik kembali. Kode bayar hanya berlaku selama 12 jam terhitung sejak kode bayar dibuat (apabila telah melewati 12 jam dan belum melakukan pembayaran, maka harus membuat kode bayar kembali).
  7. Log in ke SPMB menggunakan ID dan PIN yang didapatkan pada saat cetak kode bayar dan mengisi borang pendaftaran termasuk jenis paket dan pilihan prodi (batas waktu 7 hari).
  8. ID dan PIN hanya berlaku 7 hari untuk login, terhitung sejak dilakukan pembayaran di bank.
  9. ID dan PIN yang sudah kadaluarsa (lebih dari 7 hari) akan hangus secara otomatis.
  10. Pendaftar harus segera mengisi biodata, upload photo, dan cetak kartu ujian sebelum ID dan PIN hangus.
  11. Dengan mencetak kartu ujian, pendaftar dinyatakan secara resmi menjadi peserta SPMB Mandiri UIN Jakarta, dan hanya pendaftar yang telah memiliki dan mencetak kartu ujian yang dapat mengikuti ujian.
  12. Setelah mencetak kartu ujian, maka seluruh data (biodata, pilihan paket dan program studi) akan terkunci secara otomatis dan tidak dapat dirubah kembali.
Tutorial Pembayaran Pendaftaran S2 MSKI FAH via Mobile Banking

Jadwal Pendaftaran Program Magister (S2) FAH

  • Pendaftaran dibuka setiap hari kerja di Sekretariat Program Magister (S2) FAH *(Pendaftaran dilakukan bisa kapan saja dan dimana saja mengikuti petunjuk prosedur pendaftaran diatas).
  • Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 18 Agustus 2020 
  • Mengikuti tes ujian masuk dalam bentuk wawancara.
  • Program Magister Sejarah dan Kebudayaan Islam hanya menerima mahasiswa baru per awal semester ganjil di setiap tahunnya. (Perkuliahan dimulai pada bulan September).
  • Pelaksanaan Ujian  : 21 – 24 Agustus 2020 
    • TOEFL/TOAFL (Pusat Pengembangan Bahasa) : 21 Agustus 2020
    • TPA (Pusat Pelayanan Psikologi)  : 22 Agustus 2020
    • Wawancara/Proposal (Prodi)        : 24 Agustus 2020
  • Pengumuman Kelulusan : 31 Agustus 2020
  • Informasi Tambahan:
  • Pendaftaran Ulang dan Pengisian e-RS: 31 Agustus – 07 September 2020
  • Program Orientasi Mahasiswa Baru: Hari Kamis – Jumat, 10 – 11 September 2020
  • Perkuliahan dimulai 14 September 2020
  • Perkuliahan semester ganjil Tahun Akademik 2020-2021 dilaksanakan secara daring (online) 

Rincian Biaya pendaftaran dan biaya kuliah

  • Biaya pendaftaran S2: Rp. 750.000,- ( dengan rincian; Biaya Pendaftaran Rp. 250.000,- dan Biaya Seleksi Rp. 500.000,-)
  • Biaya pendidikan semester 1: Rp. 6.100.000,-
  • Biaya pendidikan semester II – IV: Rp. 4.100.000,- /per semester.

Prosedur Pembayaran Biaya Pendidikan

  • Tunai
  1. Mahasiswa datang ke teller bank yang sudah ditunjuk (Bank Mandiri, Bank BNI 46, Bank BRI dan Bank BTN) dan menyebutkan NIM (Nomor Induk Mahasiswa);
  2. Mahasiswa membayar uang kuliah sesuai tarif yang tercantum dalam Peraturan Rektor;
  3. Mahasiswa meneriam bukti pembayaran dari bank.
  • Melalui ATM

Bank Mandiri

  1. Masukkan Kartu ATM Bank Mandiri ke mesin ATM;
  2. Pilih menu Pembayaran/Pembelian;
  3. Pilih Sub Menu Multi Payment;
  4. Masukkan Kode Universitas (untuk UIN Jakarta kodenya; 10012);
  5. Masukkan/Tulis Nomor NIM Mahasiswa;
  6. Periksa nama mahasiswa yang keluar pada tampilan;
  7. Bila benar pilih “YA” dan bila salah pilih “TIDAK”;
  8. Mahasiswa mendapat Struk ATM sebagai bukti pembayaran yang sah.

Bank BNI 46

  1. Masukkan Kartu ATM Bank BNI ke mesin ATM;
  2. Pilih menu Pembayaran/Pembelian;
  3. Pilih Sub Menu Pembayaran Universitas;
  4. Pilih Menu Pembayaran Student Payment Centre (SPC)
  5. Masukkan Kode Universitas (untuk UIN Jakarta kodenya; 8004);
  6. Masukkan/Tulis Nomor NIM Mahasiswa;
  7. Periksa nama mahasiswa yang keluar pada tampilan;
  8. Bila benar pilih “YA” dan bila salah pilih “TIDAK”;
  9. Mahasiswa mendapat Struk ATM sebagai bukti pembayaran yang sah.

Bank BRI

  1. Masukkan Kartu ATM Bank BRI ke mesin ATM;
  2. Menu Paket Tunai; Pilih TRANSAKSI LAIN;
  3. Menu Jenis Transaksi; Pilih Pembayaran;
  4. Menu Pembayaran; Pilih BIAYA PENDIDIKAN;
  5. Menu Biaya Pendidikan; Pilih UIN Jakarta;
  6. Masukkan/Tulis Nomor NIM Mahasiswa/ Nomor Tagihan;
  7. Muncul informasi Pembayaran, apabila benar tekan “YA”;
  8. Setelah Transaksi Mahasiswa akan mendapat Struk ATM sebagai bukti pembayaran yang sah.

MELALUI INTERNET BANKING (KHUSUS BANK MANDIRI)

  1. Akses ke situs Bank Mandiri www.bankmandiri.co.id lalu klik Login;
  2. Masukkan User ID dan Password;
  3. Setelah masuk ke menu utama, klik Pembayaran dan pilih Multi Payment;
  4. Pilih rekening pembayaran dan Kode sesuai Universitas (untuk UIN Jakarta Kode nya : 10012);
  5. Masukkan nomor NIM lalu klik Lanjutkan;
  6. Setelah muncul profil mahasiswa dan data tagihan, klik Total;
  7. Saat muncul tampilan konfimasi, masukkan PIN Mandiri yang muncul pada Token lalu klik Kirim;
  8. Bila pembayaran berhasil, simpan dalam bentuk file atau cetak sebagai bukti Pembayaran.