Magister SKI akan Selenggarakan Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Terindex Scopus

Sejalan dengan upaya penguatan kapasitas akademik di UIN Jakarta,program studi Magister Sejarah dan Kebudayaan Islam akan menyelenggarakan pelatihan penulisan artikel bagi civitas akademika khususnya mahasiswa Magister SKI dan BSA di lingkungan Fakultas Adab dan Humaniora. Kegiatan ini akan diselenggarakan pada hari Sabtu 16 November 2019 di gedung Fakultas Adab.

Pelatihan akan dipandu oleh dua narasumber yaitu Muhammad Mustaqim, MPdI dan Amelia Fauzia, PhD. Mustaqim adalah penulis artikel produktif yang merupakan dosen IAIN Kudus dan tokoh dibalik keberhasilan QIJIS (Qudus International Journal of Islamic Studies) masuk terindex Scopus. Amelia adalah dosen MSKI FAH yang juga senior visiting fellow di UNSW Australia yang memiliki pengalaman mempublikasikan artikel di beberapa jurnal terindex Scopus bahkan dengan level Q1. Pelatihan akan dibuka oleh Dekan Fakultas Adab dan Humaniora, Saiful Umam, PhD.

Dalam pelatihan singkat ini, peserta yang mendaftar diwajibkan mengirimkan draft artikel yang mereka tulis yang nantinya akan diberi masukan oleh narasumber untuk diperbaiki sehingga bisa dikirim ke jurnal yang bereputasi, utamanya yang terindex Scopus.

Ketua prodi MSKI, Amelia, mengatakan bahwa “..publikasi secara tidak langsung sudah dijadikan kriteria keberhasilan sebuah penelitian. Karena, tanpa diseminasi, maka hasil penelitian tidak akan diketahui oleh khalayak peneliti serta publik, dan tidak akan memberi dampak bagi kemajuan. Oleh karena itu, publikasi riset di jurnal bermutu sudah menjadi keharusan, dan mahasiswa magister perlu skill dan bimbingan untuk bisa melakukan itu.” Demikian penjelasan Amelia mengenai tujuan kegiatan pelatihan ini.

Pendaftaran pelatihan dilakukan secara online dan masih terbuka bagi civitas akademika UIN Jakarta, khususnya dari Fakultas Adab dan Humaniora. Tautan pendaftaran bisa diklik di sini: http://bit.ly/PelatihanPenulisanArtikelJurnal