Materi Orientasi Studi Mahasiswa 2019

Orientasi Studi bagi Mahasiswa Baru Program Studi Magister tahun akademik 2019/2020 dilaksanakan pada tanggal 03 dan 04 September 2019 bertempat di ruang sidang Fakultas Adab dan Humaniora, lantai 2. Kegiatan Orientasi ini merupakan gabungan dua prodi magister di Fakultas Adab, yaitu Sejarah dan Kebudayaan Islam serta Bahasa dan Sastra Arab.

Ketua Prodi Magister Sejarah dan Kebudayaan Islam, Amelia Fauzia, Ph.D, selaku pelaksana kegiatan orientasi ini menjelaskan bahwa materi orientasi tidak saja untuk memperkenalkan sistem akademik dan kehidupan perkuliahan yang penting diketahui oleh mahasiswa baru, tetapi juga ditekankan pada penguatan riset dan publikasi ilmiah khususnya di jurnal terakreditasi. Salah satu target prodi magister FAH adalah menghasilkan lulusan master dengan tesis yang berkualitas serta memiliki publikasi ilmiah. Target publikasi ini dapat tercapai dengan adanya bimbingan termasuk dari awal masuk perkuliahan. Jumlah mahasiswa baru untuk dua prodi magister di Fakultas Adab memang tidak masif. Namun dengan dosen-dosen yang mumpuni, justru ini menjadi kesempatan bagi prodi untuk meningkatkan kualitas mahasiswa magister agar bisa bersaing tidak saja dalam konteks national namun juga internasional.

Kegiatan Orientasi Studi ini menghadirkan narasumber ekspert pada bidangnya, yang merupakan civitas akademika dari Fakultas Adab sendiri. Selain mahasiswa baru, mahasiswa lama juga mengikuti kegiatan ini.