Studium General: Kajian Sejarah dan Sastra Arab serta Kiat Menulis secara Etnografi

Prodi Magister Sejarah dan Kebudayaan Islam Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta menggelar Studium General pada hari Sabtu 29 November 2019.¬† Dengan tema “Kajian Sejarah dan Sastra Arab serta Kiat Menulis secara Etnografis”, acara ini dibuka dengan sambutan dari Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Ida Faarida, MLIS. Kegiatan ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai teknik dan metode penulisan sejarah dengan pendekatan etnografis. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa magister Sejarah dan Kebudayaan Islam dapat menulis secara ilmiah dan teratur pola pikirnya.

Ketua Prodi Magister Sejarah dan Kebudyaan Islam, ibu Amelia Fauzia menyatakan bahwa prodi aktif melakukan beragam kegiatan seperti studium general ini agar untuk meningkatkan kapasitas mahasiswa. “Hasil survey dari pelatihan Magister Sejarah dan Kebudayaan Islam sebelum ini menemukan bahwa mayoritas mahasiswa memerlukan bimbingan untuk menulis, khususnya artikel ilmiah. Karena itu materi studium general ini fokus pada pemberian wawasan, ide, sekaligus strategi untuk menulis apakah itu tesis maupun artikel”.

Dalam acara ini, narasumber yang dihadirkan merupakan seorang ahli dalam bidang etnografis yakni Prof. Dr. H. Muhammad Adlin Sila, MA, Ph.D. Selain menjelaskan mengenai pendekatan etnografis, narasumber juga memberikan pengalamannya dalam meneliti beberapa tulisan ilmiah yang berkaitan dengan ilmu Antropologi. Mahasiswa yang antusias dalam mengikuti acara ini juga melakukan diskusi dan tanya jawab terkait dengan pendekatan etnografis.

Akhir kegiatan ini ditutup dengan harapan dapat menginspirasi  para mahasiswa Studium General. Pengalaman serta cara berfikir kreatif dari narasumber bisa diikuti oleh para mahasiswa, baik S1 maupun magister. Ia juga menambahkan bahwa Lembaga Penelitian dan Pengembangan (Litbang) telah membuka kesempatan untuk mengirimkan proposal penelitian.